Jero Wacik: Subsidi BBM Untuk Masyarakat Kurang Mampu, Yang Mampu Belilah Pertamax

    174

    hanungJAKARTA. Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Jero Wacik menghimbau kepada masyarakat yang liburan menjelang Perayaan Hari Raya Natal 2013 dan Tahun Baru 2014 untuk tidak beli Bahan Bakar Minyak (BBM) yang bersubsidi.

    “Saya menghimbau kepada yang liburan apalagi yang punya mobil bagus janganlah beli BBM yang bersubsidi. Untuk Liburan masa minta subsidi. Subsidi itu untuk yang kurang mampu. Untuk yang sudah merasa mampu belilah Pertamax,” kata Jero saat melakukan kunjungan kerja ke Plumpang, Senin (23/12/2013).

    Untuk urusan BBM, jelas Jero kesiapannya cukup baik. Stok Premium 16 hari, Solar 17 hari, Minyak Tanah 81 hari, dan Pertamax 54 hari. 

    “Secara prinsip Pertamina siap menghadapi persiapan natal dan tahun baru. Jadi masyarakat yang mau liburan natal terus tahun baru, stok BBM itu aman,” kata Jero.

    Khusus pada perayaan Hari Natal dan Tahun Baru, lanjut Jero, ada 6 daerah yang lonjakan kebutuhan BBM-nya mengalami kenaikan karena masyarakatnya merayakan natal. keenam daerah tersebut diantaranya Sumatera Utara, Sulawesi Utara, Nusa Tenggara Barat, Papua dan Maluku.

    “Sumatera Utara mengalami kenaikan sebanyak 31% kebutuhan BBM-nya. Bali sebagai daerah wisata juga mengalami kenaikan sebanyak 29%,” ujarnya.