Kepala BPH Migas Hadir di Kabupaten Yahukimo Papua 22 Desember 2017

0
130

Yahukimo – Kepala BPH Migas, M. Fanshurullah Asa yg juga bertindak sebagai Koordinator Posko Nasional ESDM untuk Natal 2017 dan Tahun baru 2018 bersama Bupati Yahukimo Bp. Abuck Yusuf dan tim mengecek langsung kondisi di Kabupaten Yahukimo Papua atas beredarnya info dari Tokoh Papua tertentu yang menyebutkan bahwa BBM 1 harga saat ini di Yahukimo masih sampai Rp 75.000 per liter.

Berdasarkan pengecekan langsung di lapangan dapat disimpulkan bahwa info tersebut TIDAK BENAR, berikut adalah hasil pengecekan Kepala BPH Migas bersama tim secara langsung di Kabupaten Yahukimo :

1.   Dapat dibuktikan bahwa harga yang dijual pada Penyalur (SPBU) di Kabupaten Yahukimo adalah sama dengan Harga yang dijual di Pulau Jawa maupun Jakarta dengan Jenis BBM Premium dibanderol seharga Rp. 6.450/ liter , dan Jenis BBM Solar seharga Rp. 5.150/liter. 

2. Harga yang beredar di pengecer adalah setinggi tingginya Rp. 15.000/liter. 

3. Terdapat 1 Penyalur yang sudah tidak beroperasi selama 1 tahun, Pihak Pemerintah Daerah (Bupati) setempat dan PT. Pertamina (Persero) telah menindaklanjuti dengan melayangkan Surat Peringatan terhadap penyalur tersebut.

4. Pengangkutan supply BBM ke Yahukimo berasal dari TBBM Timika dengan melalui jalur laut dan sungai Brazza dengan waktu tempuh paling cepat 5 hari dan pernah dalam kondisi sungai surut selama 2 bulan. 

5. Bupati Yahukimo akan segera membuat peraturan untuk menentukan harga di pengecer sesuai Peraturan BPH Migas No.6 thn 2015. 

6. BPH Migas akan segera melakukan sosialisasi peraturan BPH Mugas Migas No. 6 th 2016 ttg Sub Penyalur bersama Pemerintah Daerah serta mengundang para pengecer di Kab. Yahukimo. 

 

TIDAK ADA KOMENTAR