Pemerintah Hadirkan Keadilan Energi Bagi Masyarakat Sokan Kabupaten Melawi Melalui BBM Satu Harga

0
14

Sokan, Kabupaten Melawi – Hari ini (12/11) Peraturan Menteri ESDM Nomor 36 tahun 2016 tentang Percepatan Pemberlakuan Satu Harga Jenis Bahan Bakar Minyak Tertentu (JBT) dan Jenis Bahan Bakar Minyak Khusus Penugasan (JBKP) secara Nasional memberi amanah kepada BPH Migas sebagai Badan yang mengawal program prioritas nasional BBM Satu Harga sehingga keadilan energi dapat dinikmati oleh seluruh masyarakat di Indonesia melalui harga BBM yang sama. Sebagai langkah nyata pemerintah, pada hari Senin (12/11) Anggota Unsur Pemangku Kepentingan Dewan Energi Nasional, Dr. Ir. Tumiran, M.Eng. meresmikan titik ke – 87 penyalur BBM Satu Harga di Kecamatan Sokan, Kabupaten Melawi, Provinsi Kalimantan Barat.

Pada acara peresmian, Dr. Ir. Tumiran, M.Eng. menegaskan “BBM Satu Harga adalah satu bukti begitu besarnya perhatian Pemerintah terhadap masyarakatnya. Penyaluran BBM Satu Harga harus tepat sasaran, dinikmati oleh konsumen pengguna sesuai dengan lampiran dalam Peraturan Presiden Nomor 191 Tahun 2014 tentang Penyediaan, Pendistribusian dan Harga Jual Eceran Bahan Bakar Minyak”. Beliau berharap dengan terbangunnya SPBU Kompak di Kecamatan Sokan, Kabupaten Melawi, masyarakat lebih terlayani dan dapat memacu pertumbuhan ekonomi.

Di Kabupaten Melawi, kuota volume JBT untuk Minyak Solar tahun 2018 sebesar 11.204 KL untuk PT Pertamina (Persero) dan 451 KL untuk PT AKR Corp, Tbk.. Sedangkan kuota Volume JBKP sebesar 11.435 KL untuk Bensin (Gasoline) RON Minimum 88. Realisasi JBT sampai bulan September 2018 adalah sebesar 8.720 KL (74,8%) untuk Minyak Solar. Realisasi JBKP sampai bulan September 2018 adalah sebesar 7.168 KL (62,68%) untuk Bensin (Gasoline) RON Minimum 88. Untuk tahun 2019 ditargetkan akan beroperasi 1 Penyalur BBM Satu Harga lagi di Kabupaten Melawi.

Secara nasional, target pemerintah dalam program BBM Satu Harga pada tahun 2018 adalah membangun 73 penyalur di daerah 3T yang tersebar di seluruh wilayah NKRI. Rincian realisasi sampai dengan saat ini adalah 62 penyalur dioperasikan oleh PT. Pertamina (Persero) dan 2 penyalur dioperasikan oleh PT. AKR Corporindo, TBK. Untuk tahun 2019, ditargetkan akan beroperasi 30 Penyalur BBM Satu Harga.

TIDAK ADA KOMENTAR