[SIARAN PERS] BBM Satu Harga Hadir di Kabupaten Nias

0
29

Nias – Program BBM Satu Harga menjadi perhatian khusus Pemerintah agar masyarakat di wilayah 3T (Tertinggal. Terdepan dan Terluar) bisa merasakan harga BBM yang sesuai dengan kententuan Pemerintah dalam rangka pemerataan dan asas keadilan. Kebijakan BBM Satu Harga tertuang pada Peraturan Menteri ESDM Nomor 36 Tahun 2016 tentang Percepatan Pemberlakuan Satu Harga Jenis BBM Tertentu dan Jenis BBM Khusus Penugasan Secara Nasional.

Peraturan Menteri ESDM Nomor 36 Tahun 2016, memberikan kewewenangan kepada BPH Migas untuk menugaskan badan usaha menyediakan BBM di lokasi baru dan dapat mencabut penugasan badan usaha jika tidak melaksanakan kegiatan sesuai ketentuan. 

Pada tahun 2017 telah terbangun 57 Penyalur BBM Satu Harga dengan rincian 54 Penyalur olch PT. Pertamina (Persero) dan 3 Penyalur oleh PT.AKR Corporindo, TBK. Pada tahun 2018 ini, target Penyalur BBM Satu Harga sebanyak 73 penyalur, sedangkan pada tahun 2019 ditargetkan 30 penyalur sehingga total akan dibangun 160 Penyalur BBM Satu harga yang merata di seluruh NKRI khususnya wilayah 3T.

Melalui program BBM Satu Harga, Pemerintah berkomitmen untuk terus menambah jumlah lembaga penyalur BBM di seluruh Indonesia. Dari target 73 penyalur pada tahun 2018, telah diresmikan Lembaga Penyalur BBM Satu Harga yang ke 79 di Kecamatan Bawoloto, Kabupaten Nias, Provinsi Sumatera Utara. 

Untuk Provinsi Sumatera Utara, pada tahun 2017 sudah beroperasi 2 penyalur BBM Satu Harga yaitu di Kec, Lahomi, Kab. Nias Barat dan Kec, Pulau Batu Batu, Kab. Nias Selatan Pada tahun 2018 ditargetkan akan ada 6 penyalur BBM Satu Harga yang beroperasi, dimana 2 sudah beroperasi yaitu penyalur di Kec. Bawolato yang sekarang akan diresmikan dan Kec. Gido, Kab. Nias, sedangkan 4 penyalur lainnya ditargerkan beroperasi di Kec. Hibala, Kab. Nias Selatan; Kec Tanah Masa, Kab, Nias Selatan: Kec. Pulau-Pulau Batu Timur. Kab. Nias Selatan dan Kec. Lotu Kab. Nias Utara.

Pembangunan SPBU Kompak di Kecamatan Bawoloto, Kab. Nias merupakan bukti begitu besarnya perhatian Pemerintah terhadap masyarakat Kab. Nias yang berjumlah kurang lebih 168.700 jiwa, sehingga dapat memperoleh BBM secara adil dengan harga sesuai ketetapan Pemerintah.

Dengan beroperasinya SPBU ini diharapkan akan membawa dampak positif bagi perekonomian serta meningkatkan kualitas hidup dan kesejahteraan masyarakat di Kab. Nias. Kami meng- harapkan agar Pemerintah Daerah dan Masyarakat ikut serta mengawasi ketersediaan dan pendistribusian BBM di penyalur satu harga ini agar tepat sasaran dan tidak disalahgunakan. 

#bphmigas

#bphmigaskawalbbmsatugarga

(HJ)

TIDAK ADA KOMENTAR