BPH Migas Akan Merubah Peraturan Nomor 12 Tentang Lelang Ruas  

    307

    DSC00170Lamongan — Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas) merencanakan akan melakukan perubahan terhadap Peraturan Nomor 12/P/BPH Migas/III/2008 tentang Lelang Ruas Transmisi dan Wilayah Jaringan Distribusi Gas Bumi.

    “BPH Migas telah memiliki Peraturan Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi Nomor 12/P/BPH Migas/III/2008 tentang Lelang Ruas Transmisi dan Wilayah Jaringan Distribusi Gas Bumi. Namun, karena dirasa ada beberapa ketentuan dalam peraturan tersebut sudah tidak sesuai dengan kemajuan perkembangan kegiatan usaha pengangkutan Gas Bumi melalui pipa, maka perlu dilakukan perubahan,” pungkas Komite BPH Migas Martin Samodra Ritonga, Kamis (21/07/2016) di Lamongan.

    Menurut Martin Samodra Ritonga, salah satu bentuk pengaturan atas pelaksanaan pengangkutan Gas Bumi melalui pipa adalah menetapkan Ruas Transmisi dan Wilayah Jaringan Distribusi yang didasarkan pada pertimbangan teknis dan ekonomis berdasarkan Rencana Induk Jaringan Transmisi dan Wilayah Jaringan Distribusi Gas Bumi Nasional untuk dilelang kepada Badan Usaha dalam rangka mempercepat pembangunan infrastruktur jaringan Ruas Transmisi atau Wilayah Jaringan Distribusi Gas Bumi untuk meningkatkan pemanfaatan dan pemenuhan kebutuhan Gas Bumi dalam negeri.

    “Untuk mengoptimalkan pemanfaatan gas bumi di dalam negeri perlu dilakukan upaya untuk meningkatkan pemanfaatan gas bumi tersebut antara lain dengan mempercepat pembangunan infrastruktur gas bumi,” ujarnya.

    Terkait dengan rencana perubahan Peraturan ini, lanjut Komite BPH Migas Martin Samodra Ritonga, BPH Migas telah beberapa kali melakukan rapat internal guna menyususn konsep peraturan baru yang sudah tentu membutuhkan banyak masukan dari para stakeholder sehingga peraturan ini dapat segera dimplementasikan.

    DSC00174