BPH Migas Dukung Pengembangan Tol Laut

    1068

    hendryJakarta Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas) mendukung penuh program toll laut yang dicanangkan oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi).

    Dari sisi BPH Migas dukungan diberikan melalui pemberian alokasi BBM subsidi kepada PT. Pelni yang saat ini diberi kepecayaan oleh pemerintah untuk menjalankan kapal perintis, kapal ternak dan tol laut disamping kapal penumpang.

    Direktur Bahan Bakar Minyak (BBM) BPH Migas Hendry Ahmad mengungkapkan PT. Pelni telah menyurati BPH Migas yang isinya meminta dukungan kepada BPH Migas agar diberikan BBM Subsidi dalam rangka mendukung program tol laut.

    “Pada saat ini kita sedang mempertimbangkan usulan alokasi BBM subsidi sebesar 317 kiloliter tahun 2016 untuk PT. Pelni untuk tol laut termasuk didalamnya untuk pemenuhan kebutuhan BBM tol laut, kapal ternak dan kapal perintis. Ada kenaikan sekitar kurang lebih 27,82% dibandingkan kuota PT. Pelni dan kapal perintis tahun 2015,” kata Hendry Ahmad saat ditemui diruang kerjanya, Senin (19/01/2016).

    Ditambahkan Hendry, adanya kenaikan sekitar 27,82% itu adalah karena terjadi penambahan rute kapal perintis, tol laut termasuk disediakanya kapal untuk pengangkutan ternak dari Kupang (NTT) ke pulau jawa serta peningkatan frekuensi pelayaran dibeberapa daerah semisal dari Belawan – Natuna, Sorong – Seram.

    Selain itu, sambung Hendry, BPH Migas juga telah menambah tempat-tempat pengisian dari kapal-kapal yang melayari rute sesuai dengan program tol laut, khususnya di wilayah Indonesia Bagian Timur.

    Diharapkan dengan adanya program tol laut ini dapat meningkatkan perekonomian daerah yang selama ini terkendala oleh kelancaran pasokan barang, terutama barang-barang kebutuhan pokok dan komponen lainya untuk pembangunan infrastruktur.