Empat Lokasi Pengembangan Jargas Rumah Tangga Tahun 2015

    1271

    wiratJakarta — Pemerintah masih terus mengembangkan pembangunan jaringan gas bumi untuk rumah tangga. Tahun 2015 akan dikembangkan dibeberapa lokasi.

    “Di tahun 2015 ini ada empat lokasi pengembangan jaringan gas rumah tangga,” kata Plt. Direktur Migas Gusti Nyoman Wiratmadja, dalam rapat kerja dengan Komisi VII DPR RI, Rabu (11/02/2015).

    Diuraikan Wiratmadja, empat lokasi tersebut diantaranya, Lhoksukon di Kecamatan Tanah Luas, dan Kecamatan Lhoksukon. Saat ini sudah terdata 3.943 rumah tangga yang akan dibangun di tahun ini. Gasnya sebesar 0,5 mmscfd menggunakan tel gas dari Exon Mobil Indonesia.

    “Ini sudah siap untuk dimulai,” katanya.

    Selanjutnya Pekan Baru di Kecamatan Lima Puluh, sudah terdata 3.713 rumah tangga. Gasnya disediakan sebesar 0,5 mmscfd dari EMP Bentu dan Korinci Baru Ltd.

    Untuk lokasi Sumatera Selatan dan Banten tahun ini dalam proses Front End Engineering Design. “Tahun depan kita harapkan bisa dibangun di Sumatera Seltan dan Banten,” ujarnya.

    Wiratmaja menambahkan hal ini bertujuan untuk terbangunya instalasi jaringan pipa transmisi dan ditribusi gas untuk rumah tangga dan terlaksananya program diversifikasi BBM ke BBG untuk rumah tangga berdasarkan kebijakan energi nasional.

    “Sasaranya meningkatkan kehandalan dan efisiesnsi infrastruktur sistem penyediaan BBG untuk pasokan dalam negeri,” pungkasnya.