Fordis BPH Migas Dengan Pemangku Kepentingan Di Sektor Gas Bumi

    940

    fordis55Palembang — Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas) kembali melaksanakan Forum Diskusi Badan Pengatur Hilir Migas dengan Pemangku Kepentingan (stakeholder) di Palembang, Sumatera Selatan.

    Diungkapkan Komite BPH Migas Ibrahim Hasyim yang mewakili sambutan Kepala BPH Migas mengatakan, Fordis diselenggarakan untuk mewadahi aspirasi, ide maupun gagasan antara BPH Migas dengan instansi terkait serta pelaku usaha hilir migas gas bumi mengenai pasokan, regulasi, kepastian hukum, pendanaan dan juga harga yang mempengaruhi perkembangan dan kelangsungan kegiatan usaha pengangkutan dan niaga gas bumi melalui pipa.

    Melalui Forum Diskusi ini, Ibrahim berharap berbagai permasalahan yang timbul dalam pembangunan infrastruktur gas bumi didapatkan langkah kongrit, baik itu perbaikan peraturan, perizinan dan lainya untuk mempercepat proses pembangunan.

    “Percepatan harus dilakukan. Integrasi juga jangan lupa demi mencapai tujuan manfaat dari infrastruktur gas bumi yang dibangun,” kata Ibrahim Hasyim dalam Forum Diskusi Badan Pengatur Hilir Migas dengan Pemangku Kepentingan yang mengangkat tema Percepatan Pengembangan dan Pembangunan Infrastruktur Gas Bumi Nasional,  Kamis (3/9/2015).

    Sementara Direktur Gas Bumi BPH Migas Umi Asngadah mengatakan Forum diskusi BPH Migas dengan para pemangku kepentingan (stakeholder) dimaksud untuk mempertemukan, meningkatkan interaksi, komunikasi antara BPH Migas, instasnsi terkait dan pelaku usaha hilir gas bumi baik yang menyangkut kebijakan, regulasi, sumber dan pasokan gas bumi, penggunaan infrastruktur, pendanaan dan lain-lain yang terkait dengan kegiatan usaha pengangkutan dan niaga gas  bumi melalui pipa.

    “Tujuan forum diksusi ini untuk mendapatkan masuskan dari instansi terkait seperti Ditjen Migas, SKK Migas dan memperoleh masukan berbagai informasi terkini dengan para pelaku usaha terkait dengan pengusahaan bidang hilir gas bumi khususnya usaha pengangkutan dan niaga gas bumi melalui pipa,” ujar Umi Asngadah.

    “Selanjutnya ingin mencari solusi atas permasalahan yang ada terkait dengan percepatan dan pengembangan infrastruktur gas bumi dan mempercepat hubungan dan pembangunan komunikasi yang lebih baik antara pembuat kebijakan, regualtor dan dunia usaha untuk meningkatkan sinergi dalam upaya meningkatkan pemanfaatan gas bumi,” pungkasnya.

    Fordis merupakan acara tahunan yang diselenggarakan BPH Migas. Pelaksanaan di Palembang merupakan yang kelima setelah sebelumnya dilaksanakan di Bali pada tahun 2011, Surabya tahun 2012, Semarang tahun 2013 dan Yogyakarta pada tahun 2014.