Jelang Natal dan Tahun Baru,Konsumsi Premium dan Avtur Naik 5%

1424

manadoJakarta Bahan Bakar Minyak (BBM) menjadi satu komoditi penting untuk menunjang kegiatan masyarakat sehari-hari. Apalagi menjelang perayaan dan hari-hari besar, seperti Natal dan Tahun Baru. Lantas seberapa besar peningkatan kebutuhan BBM jelang Natal dan Tahun baru 2016 ini?

Komite Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas) Ibrahim Hasyim yang melakukan pemantauan ketersediaan BBM jelang Natal dan Tahun Baru di Manado, Sulawesi Utara, Selasa (23/12/2015) mengatakan adanya potensi kenikan konsumsi BBM sebesar 5%.

“Dalam evaluasi bersama General Manager Pertamina MOR VII Tengku Badarsyah tentang persiapan penyediaan dan pendistribusian BBM dan LPG menjelang Natal dan Tahun Baru 2016, memperlihatkan adanya kenaikan konsumsi sebesar 5%, terutama untuk Bensin Premium dan Avtur. Minyak Solar seperti biasanya‎ menurun sampai 15 persen,” kata Ibrahim Hasyim.

Menurut Ibrahim, kenaikan konsumsi bahan Bakar Minyak menjadi hal yang rutin mengalami peningkatan menjelang Perayaan Natal dan Tahun Baru, terutama dibeberapa wilayah yang komunitas kristiani ramai memperingatinya seperti di Sulawesi Utara.

Sementara itu dari Pertamina sendiri, sambung Ibrahim, juga telah melakukan persiapan yang cukup, baik untuk persediaan stock maupun pendistribusiannya, terutama antisipasi terjadinya kemacetan lalu lintas yang masuk dan keluar kota Manado yang semakin padat membanjiri pusat perbelanjaan.

“Terlihat masyarakat cukup menikmati suasana ketercukupan barang kebutuhan sehari hari termasuk Bahan Bakar Minyak dan Elpiji,” ujarnya.

Ditambahkan Ibrahim, BPH Migas juga melakukan pemantauan di wilayah lain dalam rangka memastikan bbm untuk natal dan tahun baru telah disiapkan dengan baik.