Kartu Survey: Solusi Hemat BBM Bersubsidi

0
918

miharBali – Banyak cara yang dapat dilakukan untuk penghematan BBM bersubsidi, namun yang satu itu perlu dicoba adalah seperti di Batam. Di Batam telah dilaksanakan penggunaan kartu survey atau kartu kendali, yang dapat menghemat BBM Solar sekitar 19.000 liter solar per hari, yaitu dari 269.000 liter per hari menjadi 250.000 liter per hari atau penghematannya sebesar 7%.

Hal ini dikemukakan Sumihar Panjaitan, Anggota Komite BPH Migas, saat mendampingi kunjungan Kerja Komisi VII DPR RI ke Provinsi Bali. Sumihar Panjaitan mengusulkan kepada pihak Pertamina Bali untuk menggunakan kartu tersebut, “Coba gunakan kartu survey seperti yang telah berhasil dilakukan di Batam” katanya. Hal ini tepat karena Bali merupakan daerah tertutup atau daerah cluster seperti di Batam atau juga Belitung yang baru-baru ini telah melakukan Perjanjian Kerjasama dengan BPH Migas.

Selanjutnya beliau memaparkan, Periode Maret 2014 jumlah kendaraan yang menggunakan kartu survey berjumlah lebih dari18.000 kendaraan. Sementara Bulan April turun menjadi 13.000 kendaraan, sedangkan bulan Mei dan Juni turun lagi menjadi 9.000 kendaraan. Dari jumlah 9.000 kendaraan tersebut terdapat sekitar 2.500 kendaraan menggunakan kartu ganda.

Namun demikian ia juga menyadari, bahwa pembatasan BBM bersubsidi tidak ada undang-undangnya, artinya tidak boleh dibatas batasi penggunaannya sesuai dengan kuota pemerintah yang telah digelontorkan, kalau dibatasi boleh jadi suatu saat nanti akan digugat oleh pihak-pihak tertentu. Untuk itu perlu didukung dengan perangkat hukum yang dikeluarkan oleh Kementerian Dalam Negeri, sehingga Pemerintah Daerah bisa leluasa melaksanakannya. “Saya sudah empat kali melakukan rapat dengan Kementerian Dalam Negeri, namun belum ada tanda-tanda positif ke arah itu” ujar Sumihar setengah kesal.

Pada pertemuan dengan Komisi VII tersebut, Wakil Gubernur Bali, I Ketut Sudi Kerta menguraikan mengenai produk-produk Hukum terutama Undang-Undang Keuangan selama ini kurang harmonis antara Pemerintah Pusat dan Daerah, sehingga ke depan diharapkan dapat selaras atau harmonis mengenai perimbangan pembagian daerah, karena Bali tidak mempunyai sumber daya alam.

Selain itu pihak PT Pertamina (Persero) menjelaskan, bahwa menjelang Idhul Fitri 1435H, pihaknya telah mempersiapkan diri, bahwa persediaan BBM akan terpenuhi dengan persediaan tambahan berupa kantong-kantong BBM di setiap jalur mudik.

TIDAK ADA KOMENTAR