Kembalikan Subsidi Pada Track-nya

229

said2Jakarta – Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Sudirman Said yang telah dilantik Presiden Jokowi, Senin (27/10/2014) mengungkapkan akan mengembalikan subsidi pada track-nya.

“Yang kita kerjakan adalah mengembalikan subsidi kepada yang berhak melalui program-program yang pro masyarakat bawah seperti kartu sehat, kartu pintar, kartu sejahtera dan program-program irigasi akan digelontorkan secepat-cepatnya sebelum pada akhirnya kita mengembalikan subsidi kepada yang berhak menerimanya,” ungkap Sudirman saat jumpar pers, Rabu (29/10/2014) di lobby kantor Kementerian ESDM.

Sudirman menambahkan, pada waktunya karena alokasi subsidi dibutuhkan, maka akan dilakukan penggeseran subsidi sehingga harga BBM menjadi normal dan subsidi yang selama ini dinikmati oleh bukan orang-orang yang tepat akan diarahkan kepada masyarakat yang berhak menerimanya.

Sementara terkait dengan infrastruktur seperti kilang, Sudirman menjelaskan sudah cukup lama sektor ini tidak melakukan hal hal yang sulit bagi masyarakat tetapi penting untuk kedepan.

“Membangun kilang itu hal sulit tapi penting bagi masa depan. Membungun pusat pusat penyimpanan BBM itu mungkin sulit tapi penting bagi masa depan. Kita akan tinjau seluruh hal yang tertunda untuk didorong supaya pembangunan infrastruktur menjadi prioritas,” ujarnya.

Menurutnya, untuk memabangun kembali kemandirian energi maka harus memiliki daya simpan, storage, dan harus punya pengolahan yang cukup supaya tidak tergantung pada market.