Wakil Menteri ESDM, Ketua Komisi VII DPR RI dan Kepala BPH Migas Sekaligus Koordinator Posko Nasional ESDM Tahun 2017 Meninjau Langsung Kesiapan Energi di Sumatera Utara dan Sarpras Jalur Tol Kualanamu – Tebing Tinggi di Medan

81

Medan – Wakil Menteri ESDM, Ketua Komisi VII DPR RI, dan Kepala BPH Migas yang sekaligus berperan sebagai Koordinator Posko Nasional ESDM Tahun 2017 tiba di Medan hari Senin 19 Juni 2017 untuk meninjau langsung kesiapan PT. Pertamina dan PT. PLN di TBBM Medan Group dan PT. PLN (Persero) Sektor Pembangkit Belawan dalam rangka menyambut Hari Raya Idul Fitri 1438 H di Sumatera Utara.

Ditemui dalam konfrensi pers, Wakil Menteri ESDM, Arcandra Tahar menuturkan bahwa “Marine Vessel Power Plant merupakan sebuah kerjasama yang baik antara lembaga eksekutif dan lembaga legislatif dalam melihat permasalahan listrik di Indonesia, seperti kita ketahui bahwa listrik di Sumatera Utara memiliki beban puncak yang dibandingkan dengan daya terpasang listrik masih terjadi kekurangan, namun dengan program MVPP ini maka pasokan listrik di Sumatera Utara bertambah sekitar 240 MW dan jika dibutuhkan dapat ditambahkan sebesar dua kali lipatnya sehingga apa yang diharapkan oleh warga sekitar dapat terpenuhi”

Dalam kunjungan langsung ini, rombongan juga berkesempatan untuk meninjau langsung kesiapan PT. Pertamina di Terminal BBM Medan Group dalam menghadapi Hari Raya Idul Fitri 1438 H.

Selain lawatan ke TBBM Belawan dan MVPP, Kepala BPH Migas yang sekaligus sebagai Koordinator Posko Nasional ESDM 2017 bersama dengan Ketua Komisi VII DPR RI berkesempatan untuk meninjau kesiapan PT. AKR Corporindo dalam menyambut Hari Raya Idul Fitri 1438 H serta turun langsung untuk melihat kesiapan PT. Pertamina dalam melaksanakan distribusi BBM di ruas tol Kualanamu – Tebing Tinggi yang sekitar 80% sudah mulai dapat di fungsionalkan sebagai jalur mudik bagi masyarakat Medan dan sekitarnya. PT. Pertamina sudah menyiapkan 2 buah Kiosk di rest area ruas jalan tol Kualanamu – Tebing Tinggi.

Kepala BPH Migas beserta 2 Anggota Komite BPH Migas lainnya, menyebutkan bahwa “kami sebagai Koordinator Posko Nasional ESDM telah melakukan tinjauan yang secara khusus kepada PT. Pertamina dalam mempersiapkan baik program maupun mematangkan jalur distribusi BBM ke ruas jalan mudik salah satunya dengan menyediakan kiosK agar para pemudik dapat merasa nyaman dan aman dalam berkendara menuju kampung halamannya. PT.Pertamina sudah siap untuk menjamin ketersediaan BBM bagi masyarakat, namun masih ada sedikit catatan bahwa pada titik tertentu di Sumatera Utara yang diramalkan akan timbul kelangkaan Premium agar menyiapkan stok BBM jenis Premium lebih banyak, dan jika dimungkinkan agar membuat produk Premium dalam kemasan seperti produk-produk kemasan yang dijual di Kiosk Pertamina”.

Kegiatan tinjauan kesiapan energi dan sarpras di Medan ini sejatinya diselenggarakan 2 hari. Dan untuk besok tanggal 20 Juni 2017. BPH Migas akan dibagi menjadi 2 tim yang masing-masing timnya akan dipimpin oleh 1 Anggota Komite BPH Migas untuk melihat kesiapan secara detail dari Badan Usaha Energi untuk menghadapi arus mudik Lebaran 2017 dan tinjauan kondisi Gunung Sinabung di Posko Pengamat Gunung Api Sinabung untuk menjamin kenyamanan dan keamanan masyarakat dalam melaksanakan mudik menyambut Hari Raya Idul Fitri 1438 H.

Kepala BPH Migas yang sekaligus menjadi Koordinator Posko Nasional ESDM menghimbau kepada masyarakat agar mempersiapkan dengan sungguh-sungguh seluruh kebutuhan dalam melaksanakan mudik, salah satunya adalah dengan mengisi BBM secara full pada kendaraan yang digunakan mudik untuk menghadapi ruas jalur ke kampung halamannya masing-masing.