Dr. M. Fanshurullah Asa, MT

454
Dr. M. Fanshurullah Asa, MT
Dr. M. Fanshurullah Asa, MT (Head of Committee)

Dr. Fanshurullah Asa, M.T, Anggota Komite Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas) masa jabatan 2011-2015. Pria kelahiran Palembang, 20 Mei 1969 ini merupakan lulusan fakultas Teknik, Jurusan Sipil, Universitas Indonesia. Pada tahun 2009 dirinya berhasil meraih gelar Doktor di FT Jurusan Sipil UI.

Fanshurullah Asa juga merupakah peserta terbaik peringkat pertama (Medali Seroja) program pendidikan reguler angkatan (PPRA XLIV) Lemmhanas RI. Bapak dari tiga anak ini juga pernah menjadi Staf Khusus Menko Perekonomian Bidang Iptek dan Kelembagaan sejak Mei 2011.

Selain itu, suami dari Emi Marsusanti S. Hut, Msi ini juga pernah menjadi Tenaga Ahli Profesional Bidang Iptek di Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhanas), Dosen FT UI Uhamka, Wakil Sekretaris Tim Kerja Komite Percepatan dan Perluasan Ekonomi Indonesia (KP3EI) pada program MP3EI. Dirinya juga merupakan mantan Anggota Komisi IX DPR RI periode 2004-2009 dari Partai Amanat Nasional (PAN).

Tidak berhenti disitu, dirinya juga pernah bekerja selama 14 tahun di PT. Moeladi dan PT. DCR (Muladi Group), sebuah perusahaan yang bergrak di sektor migas dalam pembagian fasilitas dan konstruksi dari berbagai proyek seperti BOT (Built-Operational-Transfer) dan EPC (Engineering-Procurement-Construction), terlibat dibeberapa proyek, diantaranya :

  • Proyek Pembangunan Fasilitas Produksi & Transmisi Gas Subang-Pasirjadi-Citarik Tegalgede, Jawa Barat. (BOT) pipa dalam 32” & 24” +/- 100 KM (Nilai Kontrak +/- US $ 53,274,474)
  • Proyek Pipeline diameter 24” & Block Station Kandanghaur-Cilamaya Jawa Barat (BOT)
  • Proyek Pipeline Balikpapan-Penajam. Kaltim
  • Proyek Pipeline transmisi gas Bekasi-Muara tawar Paket 12 PT. PGN.