Kunjungi Command Center PT Telkom Indonesia, BPH Migas Percepatan Implementasi MoU

0
2

Bandung,  – Kepala BPH Migas M Fanshurullah Asa beserta Komite dan jajarannya mengunjungi Telkom Digital Solution Care Center (TDSCC) PT Infomedia Nusantara (PT Infomedia) yang merupakan dari Telkom Indonesia, di Bandung.

Pasalnya, PT Infomedia merupakan perusahaan yang fokus pada Layanan Business Process Outsourcing dan pembangunan sistem serta infrastruktur digital. Kunjungan ini sebagai tindak lanjut penandatangan Nota Kesepahaman (MoU) Antara BPH Migas dan PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom), Tentang Pemanfaatan Potensi Bersama, yang ditandatangi di Bogor pada tanggal 2 Maret 2021.

Penandatanganan Nota Kesepahaman tersebut adalah untuk memperkokoh BPH Migas dalam melakukan fungsi pengawasan dan pengaturan terhadap penyediaan dan pendistribusian BBM dan Gas Bumi dengan penguatan pemanfaatan data melalui aspek digital (digitalisasi).

Dalam sambutannya, GM PT Telkom, Sholeh Abdurrahman, mengungkapkan bahwa pertemuan ini dalam rangka journey, menjelaskan mekanisme kerja Infomedia, pendalaman dari MoU yang telah disepakati antara BPH Migas dengan PT Telkom.

Pertemuan yang lebih luas yang dihadiri lebih banyak jajaran Komite BPH Migas ini sangat penting sebagai kesungguhan tindak lanjut MoU.

Sementara, Kepala BPH Migas, M Fanshurullah Asa, mengatakan bahwa 7 dari 9 Komite BPH Migas, Sekretaris BPH Migas, Direktur BBM dan berbagai bagian lain hadir dalam pertemuan ini sebagai bentuk kesungguhan BPH Migas mewujudkan MoU menjadi implementasi, riil sebagai bentuk action.

“Kita jangan bicara Big Data tanpa wujud nyata realisasi, maka lebih baik memulai 1 langkah dari pada 1000 wacana. Ikan sepat, ikan gabus, bukan ikan lele, makin cepat makin bagus, jangan bertele-tele, segera wujudkan secara sinergis sisi-sisi yang penting dikerjasamakan,” papar Ifan sapaan akrab Kepala BPH Migas.

Sementara, Divisi Sales PT Infomedia Fika Faryandi menjelaskan bahwa PT Infomedia Nusantara (Infomedia) menjadi perusahaan pertama penyedia layanan informasi telepon di Indonesia.

PT Infomedia saat ini memfokuskan bisnisnya pada pengelolaan Business Process Outsourcing dengan portofolio layanan Customer Relationship Management dan Shared Service Operation.

Pada kesempatan tersebut PT Infomedia memaparkan solusi pengawasan penyediaan dan pendistribusian BBM menggunakan infrastruktur digital melalui “downstream monitoring dan supervision center”. Penggunaan infrastruktur digital ini untuk menyesuaikan perkembangan teknologi informasi sehingga BPH Migas bisa lebih dirasakan kehadirannya oleh masyarakat.

Lebih lanjut Fika Faryandi menuturkan downstream monitoring dan supervision center berupa downstream digital service room yang meliputi 4 aktivitas utama yakni :

1. Public engagement hub meliputi Contact Center, Digital Campaign, Public Survey Hub, Escalation Management, dan Field Intelligent & Whistle Blower.

2. Big data services berupa Data Management.

3. Analitic & Consulting Service meliputi Downstream Monitoring Operation, Dashboard Monitoring, Analytics Operation, Analytics Usecases & Reporting, Consulting Service, Early Warning Alert System.

4. Supervision Infrastructure, Platform, Site & Facility meliputi Big Data Infrastructure & CRM Platform, Interactive Monitoring Display, dan VIP & Coworking Room.

Dari perbincangan panjang, mayoritas menilai analitic & consulting service layak menjadi prioritas utama. Setelah itu dilanjutkan dengan kunjungan ke beberapa fasilitas yang ada di Telkom Digital Solution Care Center untuk melihat secara langsung pengelolaan data dan informasi dilakukan.

Dalam pertemuan pertemuan tersebut juga dihadiri jajaran Anggota Komite BPH Migas Henry Achmad, Ahmad Rizal, Sumihar Panjaitan, M. Ibnu Fajar, Saryono Hadiwidjoyo, dan M. Lobo Balia.

Sekretaris BPH Migas Bambang Utoro, Direktur BBM Patuan Alfon S, GM PT. Telkom Sholeh Abdurrahman, jajaran Director Infomedia Yusron Haryadi, Sales Operation Director Riri Amalas Yulita, Senior Account Manager PT Telkom Obed Cam serta jajaran operator Infomedia anak perusahaan PT Telkom.