Pastikan ketersediaan BBM Menjelang Idul Fitri 1441 H, Kepala BPH Migas tinjau SPBU di Jalan Tol Trans Sumatera

0
225

Lampung – BPH Migas tetap menjamin ketersediaan dan distribusi BBM menjelang hari Raya Idul Fitri 1441 H, meskipun ada himbauan larangan mudik dari Pemerintah dan Pembatasan Sosial Berskala Besar di beberapa wilayah di Indonesia untuk mencegah penyebaran pandemi covid-19. Untuk memastikan hal tersebut Kepala BPH Migas M Fanshurullah didampingi Sales Area Manager PT. Pertamina MOR II Cab. Lampung Donny Brilianto meninjau SPBU di wilayah Tol Trans Sumatera yaitu SPBU COCO No. 21.363.12. KM 87 dan SPBU No. 21.345.17 KM 234 Ruas Tol Lampung – Palembang, Sabtu (16/05/20).

Dari hasil peninjaun lapangan di 2 SPBU tersebut dipastikan stock BBM dalam kondisi aman dan mencukupi untuk memenuhi kebutuhan BBM untuk masyarakat yang akan melalui tol Trans Sumatera. Lalu lintas di wilayah Trans Sumatera juga terpantau ramai dan lancar.

Namun demikian, BPH Migas tetap meminta PT. Pertamina untuk tetap mengambil langkah-langkah untuk memastikan masyarakat dapat terlayani dengan baik dalam memperoleh BBM diantaranya:
1. Menjamin ketersediaan stok BBM.
2. Mengantisipasi kelangkaan BBM.
3. Mengatur penyaluran BBM dengan sistem yang paling efektif.
4. Antisipasi antrian panjang dalam pengisian bahan bakar.

Ditemui pada lokasi pengawasan BBM, Kepala BPH Migas, M Fanshurullah Asa mengatakan bahwa pihaknya (BPH Migas) akan terus berkoordinasi dengan PT. Pertamina (Persero) untuk terus berupaya agar dapat menjamim ketersediaan dan pendistribusian BBM yang khususnya pada masa Idul Fitri 1441 H.

“Meskipun kita masih dalam suasana pandemic Covid-19 seperti saat ini dan adanya himbauan untuk tidak mudik serta adanya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSPB), kami (BPH Migas) tetap menjamin ketersediaan dan pendistribusian BBM bagi masyarakat selama hari Raya Idul Fitri 1441 H dan seterusnya” jelas Ifan panggilan M. Fanshurullah Asa.

Ifan juga memintah agar pelayanan di SPBU yetap berjalan dengan baik dan sesuai dengan protokol pencegahan Covid-19 yang telah ditetapkan oleh Pemerintah seperti penggunaan masker baik petugas SPBU maupun konsumen, penyediaan disinfectan dan sabun cuci tangan di SPBU, jaga jarak (physical distancing) antara petugas SPBU dan konsumen, dan prosedur lain yang diperlukan untuk mencegah penyebaran covid-19.

Ifan juga menambahkan BPH Migas tetap menggelar Posko Nasional BBM untuk menjamin ketersedian BBM selama Hari Raya Idul Fitri 1441 H. Posko akan dimulai H-7 hinggaa H+ 7 Hari Raya Idul Fitri atau tanggal 17 Mei hingga 1 Juni 2020. Posko ini melibatkan Badan Usaha Niaga BBM yang menyediakan BBM melalui SPBU diataranya PT. Pertamian (Persero), PT. AKR Corporindo (Tbk), PT. Shell Indonesia, PT. Total Oil Indonesia, PT. Exxon Mobile Lubricant Indonesia, PT. Aneka Petroindo Raya, dan PT. Vivo Energy Indonesia. Adapun tugas utama posko adalah memastikan ketersediaan dan distribusi BBM selama Hari Raya Idul Fitri 1441 H dengan langkah-langkah

1. Berkoordinasi dengan stakeholdersbidang Energi (SektorBBM).
2. Monitoring on desk sebelum dan sesudah Idul Fitri Tahun 2020.
3. Komunikasi dengan petugas lapangan dan Badan Usaha.
4. Monitoring berita dari berbagai sumber yang kredibel.