Pastikan Ketersediaan dan Pendistribusian BBM Aman Selama Masa Posko Idul Fitri 2020, Kepala BPH Migas Gelar Rapat Koordinasi dengan Badan Usaha BBM

0
195

Jakarta – Dalam menghadapi Ramadhan dan Idul Fitri 1441 H Tahun 2020, BPH Migas menyelenggarakan Posko Nasional BBM yang dimulai sejak tanggal 17 Mei 2020 hingga tanggal 1 Juni 2020 nanti. Posko BBM ini melibatkan Badan Usaha Niaga BBM yang menyediakan BBM untuk disalurkan kepada masyarakat antara lain, PT. Pertamina (Persero), PT. AKR Corporindo (Tbk), PT. Shell Indonesia, PT. Total Oil Indonesia, PT. Exxon Mobile Lubricant Indonesia, PT. Aneka Petroindo Raya, dan PT. Vivo Energy Indonesia.

Adapun tugas utama dari Posko Nasional BBM dalam menghadapi Ramadhan dan Idul Fitri 1441 H Tahun 2020 ini adalah :
1. Berkoordinasi dengan para stakeholders bidang BBM.
2. Monitoring on desk Pra dan Paska Idul Fitri 1441 H Tahun 2020.
3. Berkoordinasi dengan melakukan komunikasi dengan petugas lapangan dan Badan Usaha secara real time.
4. Monitoring berita dari berbagai sumber yang kredibel.

Hari ini (19/5) Posko Nasional BBM telah menginjak hari ke-3 dalam pelaksanaannya, oleh karena itu, Kepala BPH Migas, M Fanshurullah Asa memimpin rapat koordinasi dengan mengumpulkan para pimpinan dari Badan Usaha Niaga BBM untuk terus memastikan bahwa selama masa pandemik COVID 19 ini masyarakat Indonesia dapat memeperoleh akses dengan mudah dan murah terhadap Bahan Bakar Minyak, khususnya untuk periode Ramadhan dan Idul Fitri 1441 H Tahun 2020 dan secara umum untuk seterusnya melalui aplikasi daring.

Rapat koordinasi ini melibatkan para Badan Usaha yang secara detail melaporkan data data operasional dan hal hal teknis lapangan lainnya. Secara garis besar, PT. Pertamina (Persero) yang diwakili oleh para GM MOR 1 hingga 8 menyatakan kesiapan mereka untuk terus mengawal ketersediaan dan pendistribusian BBM selama masa Posko Nasional BBM Ini, meskipun memang konsumsi pada masa Posko Tahun 2020 ini mengalami penurunan namun antisipasi lonjakan akan terus dipantau. Begitupun Badan Usaha lainnya secara garis besar mengalami penurunan dalam hal sales dikarenakan masa pandemi ini. Sehingga dapat dipastikan pada masa Posko Nasional BBM hari ke-3 bahwa ketersediaan dan pendistribusian BBM masih dalam tahap aman.

Kepala BPH Migas, M Fanshurullah Asa yang masih tetap memimpin jalannya rapat koordinasi ditengah perjalanan dalam pengawasan lapangan Ketersediaan dan pendistribusian BBM dalam masa Posko di wilayah MOR 2 ini mengatakan optimisme nya bahwa ketersediaan dan pendistribusian BBM pada masa Ramadhan dan Idul Fitri 1441 H Tahun 2020 ini akan aman.

“Kami (BPH Migas) akan terus berkomunikasi dengan para Badan Usaha untuk terus memantau dan memonitoring ketersediaan dan pendistribusian BBM ini, dan kami optimis tahun ini akan aman. Dan selain itu kami pula menghimbau kepada para Badan Usaha untuk terus meningkatkan pelayanannya yang sesuai dengan himbauan Pemerintah dalam hal memutus tali rantai COVID 19, dimana standar alat pencuci tangan, hand sanitizer, menggunakan masker dan sarung tangan serta terus menjaga kebersihan di level Penyalur. Insya Allah dengan kita berdisiplin rantai COVID 19 ini akan cepat berlalu” tambah Ifan.