Persiapan New Normal, Kepala BPH Migas Kunjungi Pelabuhan Ketapang dan TBBM Tanjunwangi di Banyuwangi

0
251

Banyuwangi- Kepala BPH Migas BPH Migas M.Fanshurullah Asa beserta Tim meninjau Pelabuhan Ketapang dan TBBM Tanjung Wangi Jl. Gatot Subroto No.72 Kec. Kalipuro, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur (01/06/20). Kunjungan tersebut
dalam rangka monitoring lapangan penyediaan dan pendistribusian BBM pasca hari Raya Idul Fitri 1441 H sekaligus monitoring ketersedian BBM untuk Kapal yang melayani penyeberanagn dari Pelabuhan Ketapang Banyuwangi ke Pelabuhan Gilimanuk Jembrana Bali.

Dadag Wijanarko, Senior GM Regional III PT. ASDP didampingi Fahmi Alweni GM PT. ASDP cabang Ketapang di lokasi kunjungan mengungkapkan Pelabuhan Ketapang melayani 38 Kapal penyeberangan Ketapang-Gilimanuk. Selama masa pandemi covid 19 dan Hari Raya Idul Fitri 1441 H operasional kapal didominasi kapal logistik. Dalam operasionalnya telah menerapkan standar protokol kesehatan yang ditetapkan oleh Pemerintah. “Saat ini kami (Pelabuhan Ketapang) sedang menyiapkan pelayanan penyeberangan dari Banyuwangi ke Bali dalam rangka menyambut new normal di bali yang diberlakukan mulai 1 Juni 2020” Jelas Dadag. Pihaknya juga menambahkan Bali yang mengandalkan perekonomian dari patiwisata, saat ini 93% perekonomiannya turun akibat pandemi Covid – 19, oleh karena itu New Normal yang dimulai 1 Juni 2020 harus di dukung.

Sementara itu, Hardjito Kepala TBBM (OH) Tanjung Wangi di TBBM menyampaikan TBBM Tanjung Wangi melayani Penyaluran di Wilayah Banyuwangi dan sekitarnya dengan rincian sebagai berikut Banyuwangi dengan 41 SPBU Reguler dan 1 SPBUN, Jember dengan 36 SPBU Reguler dan 1 SPBUN, Bondowoso dengan 8 SPBU Reguler, Situbondo dengan 14 SPBU Reguler dan 2 SPBUN, dan Lumajang dengan 4 SPBU Reguler.

Sedangkan untuk Kondisi Stock, Daily Objective Trougphut (DOT), dan Ketahanan Stock (Coverage Day/CD), rata rata penyaluran harian normal dan Estimasi penyaluran harian TBBM Tanjung Wangi periode posko per 1 Jui 2020 adalah sebagai berikut:
a. Premium: 17.791KL/936KL/19 hari
b. Pertamax/Akra: 8.146KL/915KL/8.9 hari
c. Solar/Akrasol: 18.538KL/704KL/21.1 hari
d. Pertamina Dex: 171KL/8KL/21.8 hari

Kepala BPH Migas M. Fanshurullah Asa menyampaikan apresiasi atas koordinasi dan sinergi antara BPH Migas dengan PT. Pertamina (Persero) sehingga kebutuhan BBM selama masa pandemi covid 19 dan hari Raya Idul Fitri dapat terlayani dengan baik. Dirinya meminta PT. ASDP cabang Ketampang agar menggunakan IT untuk penyaluran solar subsidi ke Kapal untuk efektivitas pengawasan sehingga kuota BBM subsidi yang diberikan oleh BPH Migas tepat sasaran dan volume dan tidak terjadi overkuota.