Komite BPH Migas Dampingi Wamen Resmikan Jaringan Gas di Deli Serdang

0
319

Turut hadir dalam peresmian tersebut Anggota Komisi VII DPR RI (Tifatul Sembiring dan Wahab Dalimunthe), Komite BPH Migas (Hari Pratoyo), Dir Perencanaan dan Pembangunan Infrasutruktur Ditjen Migas (Alimuddin Baso), Wakil Kepala SKK Migas (Sukandar), Wakil Bupati Deli Serdang (Zainuddin Mars), Anggota DPD RI (Parlindungan Purba) Direktur Infrastruktur dan Teknologi PGN (Dilo Seno Widagdo), PT Pertamina EP dan masyarakat Deli Kecamatan Tanjung Morawa, Deli Serdang.

Dalam sambutannya Wamen ESDM menyampaikan bahwa di Kab. Deli Serdang telah dibangun sebanyak 5.560 SR yang akan dioperasikan oleh PT. PGN dengan harga 4.250 Rupiah/m3. Harga ini masih dibawah harga pasar Gas LPG 3 Kg. Menurutnya, semakin banyak pemasangan jarigan gas rumah tangga, maka akan mengurangi import LPG. Rumah Tangga yang mendapatkan sambungan jargas tersebut mengurangi penggunaan LPG minimal 3 tabung dalam sebulan “jadi kalau dikali 5.000 rumah tangga, berarti dalam sebulan mengurangi sebanyak 15.000 tabung di Deliserdang” ujarnya.

Penetapan harga jual gas pada Jargas di Deli Serdang melalui Sidang Komite BPH Migas pada hari Senin (25/02/2019). Sidang Komite tersebut menetapkan Harga Jual Gas Bumi Melalui Pipa untuk Konsumen Rumah Tangga dan Pelanggan Kecil pada Jaringan Pipa Distribusi untuk 7 Kabupaten/Kota yaitu :
1. Kabupaten Penajam Paser Utara, 
2. Kabupaten Musi Rawas,
3. Kabupaten Deli Serdang,
4. Kabupaten Serang,
5. Kabupaten Aceh Utara,
6. Kota Lhokseumawe dan
7. Kota Medan

Penetapan harga jual gas untuk 7 Kabupaten/Kota pada jaringan gas untuk RT-1 dan PK-1 sebesar Rp4.250/M3 ini lebih murah dari pada harga pasar Gas LPG 3 Kg yg berkisar antara Rp5.013,- s.d Rp6.266,-/M3.

#bphmigas #gasbumi #jargas #bbmsatuharga#bphmigaskawalbbmsatuharga #hilirmigas #energiberkeadilan#servingthearchipelago