Lagi, BPH Migas Kembali Tetapkan Harga Jargas dibawah Harga Pasar gas LPG 3 Kg dan 12 Kg

0
7

Melalui Sidang Komite BPH Migas yang dipimpin Kepala BPH Migas, M. Fanshurullah Asa, Senin (04/11/2019) telah ditetapkan Harga Jual Gas Bumi Melalui Pipa utk Konsumen Rumah Tangga dan Pelanggan Kecil pada Jaringan Pipa Distribusi untuk 11 Kabupaten/Kota yaitu Kota Cirebon (Jabar),Kab.Cirebon (Jabar), Kab. Karawang (Jabar), Kab. Lamongan, (Jatim), Kab.Pasuruan, (Jatim),Kab.Probolinggo (Jatim), Kab. Kutai Kartanegara (Kaltim), Kab. Banggai, (Sulteng), Kab. Wajo (Sulsel), Kota Dumai (Riau), dan Kota Jambi (Jambi).

Penetapan harga jual gas untuk 11 Kabupaten/Kota pada jaringan gas untuk RT-1 dan PK-1 sebesar Rp4.250/M3 lebih murah dari pada harga pasar Gas LPG 3 Kg (berkisar Rp4.511,- s.d Rp6.266,-/M3). Sedangkan untuk RT-2 dan PK-2 sebesar Rp6.000,- lebih murah dari pada harga pasar Gas LPG 12 Kg (berkisar Rp9.398,- s.d Rp12.531,-). Badan Usaha selaku operator Jargas diwajibkan untuk melakukan sosialisasi atas penetapan harga kepada masyarakat dan dapat melalukan penyesuaian harga secara bertahap.

“Dengan penetapan harga jargas pada 11 Kabupaten/Kota tersebut, maka sejak BPH Migas berdiri telah menetapkan harga Jargas di 50 Kabupaten/Kota dengan harga jual dibawah harga pasar gas LPG 3 Kg dan 12 Kg” terang Ifan panggilan akrab M. Fanshurullah Asa. Total penerima manfaat sampai dengan tahun 2019 sebanyak 564.445 sambungan rumah (SR) dari target RUEN sampai dengan tahun 2025 sebanyak 4,7 juta SR. Kedepan BPH Migas sdg merumuskan agar harga gas untuk Rumah Tangga dan Pelanggan Kecil bisa ada penyeragaman di semua wilayah dengan tetap memperhatikan 3 pilar kepentingan (Masyarakat, Pemerintah, dan Badan Usaha). “Ini merupakan bentuk komitmen untuk mewujudkan keadilan energi untuk masyarakat sekaligus untuk mengurangi defisit neraca perdagangan migas” tegas Ifan. Penggunaan Jargas secara otomatis akan mengurangi import subsidi LPG 3 Kg. Penggunaan jargas mempunyai beberapa keunggulan dibanding dengan penggunaan LPG tabung. Selain harga lebih murah, penggunaan jargas lbh aman, kemudahan akses, efisien, ramah lingkungan dan kehandalan pasokan gas serta jaminan kualitas layanan.
#bphmigaskawalbbmsatuharga
#energiberkeadilan