BPH Migas menggelar Sosialisasi Implementasi Tugas, Fungsi, dan Capaian Kinerja BPH MIGAS Tahun Anggaran 2020

Palu – BPH Migas menggelar Sosialisasi Implementasi Tugas, Fungsi, dan Capaian Kinerja BPH MIGAS Tahun Anggaran 2020 yang bertempat di Ballroom Hotel Parama Su, Kota Palu, Sulawesi Tengah. (12/12/2020)

Hadir secara daring sebagai narasumber Ketua Baleg sekaligus Anggota Komisi VI DPR RI Supratman Andi Agtas, Kasubag Humas BPH Migas Daman, dan SBM Rayon I Sultengbar PT Pertamina (Persero) Ardian Dominggo Wiryosukarno yang juga hadir secara daring melalui Zoom.

Sosialisasi ini turut dihadiri oleh Anggota DPRD Kota Palu Anwar Lanasi, Armin, dan Ahmad Syarif. Kegiatan yang berlangsung dari pukul 19.00 hingga 22.30 WITA ini diikuti oleh kurang lebih 250 peserta yang berlatar belakang petani, nelayan, mahasiswa, dan ibu rumah tangga.

Dalam sambutan virtualnya, Ketua Baleg DPR RI Supratman Andi Agtas mengapresiasi peran sentral BPH Migas untuk memastikan ketersediaan minyak dan gas yang masyarakat bisa nikmati bersama. Lebih dari itu, ia juga menyorot tentang sumbangsih BPH Migas kepada pemasukan negara. “Saya tahu persis betapa besar peran BPH Migas dalam rangka memberi penerimaan kepada negara,” ujar Supratman.

Kasubag Humas BPH Migas Daman membuka paparan sosialisasi dengan menjelaskan kegiatan-kegiatan sektor hilir migas yang menjadi tanggung jawab BPH Migas, yakni kegiatan pengolahan, pengangkutan, penyimpanan, dan perniagaan migas. Terkait pencapaian kinerja, Daman menyampaikan tentang keberhasilan BPH Migas dalam memenuhi target tahunan lembaga Penyalur BBM 1 Harga.
“Untuk tahun 2020, targetnya 83 penyalur. Hari ini, tadi siang, Kepala BPH Migas Bapak Fanshurullah Asa bersama Gubernur NTB dan Pertamina meresmikan 44 lembaga Penyalur BBM 1 Harga,” ungkap Daman.

BPH Migas juga menetapkan kuota BBM Nasional. Untuk tahun 2020 kuota JBT (solar subsidi) Kota Palu sebanyak 30.115 KL, realisasi 24.221 KL atau 80 % terverifikasi Januari sd. Oktober, untuk November berdasarkan laporan Badan Usaha. Sedangkan kuota JBKP premium tahun 2020 sebesar 37. 089 KL, realisasi 23.640 KL atau 64.% Januari sd. September terverifikasi, Oktober sd. November berdasarkan laporan Badan Usaha, disalurkan lewat 17 SPBU dan 1 AMT PT Pertamina (Persero).

Masih terkait dengan tanggung jawab BPH Migas, Daman juga menjelaskan tugas BPH Migas dalam menetapkan harga gas bumi bagi rumah tangga dan usaha kecil. Ia menambahkan berbagai macam keuntungan penggunaan jaringan gas rumah tangga seperti harga yang jauh lebih murah, aman, dan ramah lingkungan dibandingkan dengan LPG tiga kilogram.

Pada kesempatan ini, SBM Rayon I Sultengbar PT Pertamina (Persero) Ardian Dominggo Wiryosukarno memaparkan tentang SAM Retail Sultengbar. Cabang ini adalah wilayah retail yang melayani penyediaan BBM dan LPG bagi lebih dari satu juta KK di 13 kabupaten/kota di Sulawesi Tengah dan 6 kabupaten/kota di Sulawesi Barat. Meski SAM Retail Sultengbar merupakan wilayah cabang yang baru berdiri pada Oktober 2019, Ardian memastikan ketersediaan BBM dan LPG di wilayah tersebut.

Bagikan

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on email
Email
Share on telegram
Telegram

Berita Terkait

BERITA POPULER

BERITA TERBARU